Lebih Dalam Bersama Paytren

0
43

Semangat agar umat muslim ini kembali bersatu masih terus bergelora di dalam hati & jiwa ini, apalagi saat mendengar paparan tim panitia koperasi warmart 212 wilayah palembang, dimana saat itu diinformasikan bahwa indomart, alfamart sudah goyah dikarenakan semakin banyaknya warmart 212 bermunculan di tanah jawa, ibu kota.

Dalam hati, sebesar itukah impactnya?

Saya tertegun sebentar, kemudian mengucap, Allahuakbar! Sambil teringat apa yang dikatakan KHB, jika kebangkitan islam itu bukan di jaman saya hidup, setidaknya saya punya andil dalam usaha kebangkitan islam di masa yang akan datang, dan saya akan panen pahala sepanjang hidup saya. In sha Allah.

Ok, let’s cut the craps.

Video diatas sengaja saya tampilkan agar teman-teman bisa menelaah sendiri apakah paytren haram/tidak, termasuk MLM atau bukan. Karena Allah sudah membekali diri kita otak untuk berfikir.

Dan karena seperti biasa KHB tidak pernah mau menyebutkan nama, organisasi, maka saya coba membandingkan apa yang KHB sampaikan dengan kondisi paytren yang ada. Pada ceramah tersebut KHB menyampaikan beberapa poin.

  1. MLM itu produknya tidak sama dengan yang ada dipasaran (kualitas, dll). Paytren produknya sama seperti produk PPOB lainnya.
  2. MLM ada bonus pada saat poin tertentu. Paytren tidak ada bonus dan poin, yang ada cashback setiap transaksi, dan cashback kembali ke diri kita sendiri. MLM diminta mempertahankan poin pada level tertentu. Paytren tidak mengharuskan seseorang koleksi atau mencapai atau bahkan mempertahankan level.
  3. Ada biaya pendaftaran untuk menjadi anggota, tapi biaya itu tidak menjadi bentuk apa-apa. Paytren mengharuskan pengguna membayar sebesar Rp 350.000,- untuk dapat menggunakan aplikasinya, setelah membayar kita baru bisa dapat menggunakan aplikasi. Jadi uang Rp 350.000,- bertukar menjadi aplikasi. Di Paytren juga ada pembelian lisensi premium, yang juga bertukar menjadi keanggotaan dan benefits lainnya seperti gambar dibawah ini.

 

Semoga uraian diatas dapat memperjelas pemikiran kawan-kawan yang masih bimbang akan hukum menjalankan bisnis Paytren.

Sahabatku, apakah sudah sampai kepadamu mengenai hadist nabi “Jadikan seorang ulama antara kamu dan neraka”, nah dengan berpegang pada penjelasan dari kedua ustadz sunnah ini, DITAMBAH lagi dengan sertifikasi syariah dari MUI dapat memantapkan langkah saudara dalam membantu kebangkitan ekonomi muslim.

Semoga bermanfaat, amin.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here